Sunday, June 5, 2011

Bukti Tokusatsu Bukan Film Anak-anak



Orang2 bilang kita cemen karena masih suka sama yang namanya KAMEN RIDER atau ULTRAMAN dkk tokusatsu yang lainnya, nah saya berhasil menemukan 1 artikel yang bagus bahwa tidak semua TOKU diperuntukan untuk anak-anak. Remaja dan dewasa pun bisa nonton. Mengapa?

RATING AND VIEWERS

Tokusatsu memang kebanyakan ditujukan untuk anak-anak, TETAPI TIDAK SEMUA. Ada juga Tokusatsu yang ditujukan untuk remaja maupun orang dewasa. Mungkin rating yang benar adalah untuk segala umur. Tergantung dari tingkat cerita Tokusatsu tersebut.

Apabila dibilang Tokusatsu itu hanya film untuk anak-anak, pernyataan ini agak aneh. Definisi 'film untuk anak-anak' itu sendiri apa? Didalam film Tokusatsu sendiri biasanya basis ceritanya bukan basis cerita yang sederhana.

SAMPLES :

Ambil contoh : SHOCKER itu dulu diceritakan sebagai pecahan NAZI dan didirikan oleh mantan anggota NAZI http://incolor.inebraska.com/stuart/riders/shocker.htm. Aku rasa memasukkan unsur NAZI bukan sesuatu yang bisa dianggap sebagai film anak-anak. Come on, bahkan orang dewasa di Indonesia ajah jarang ada yang tahu Partai NAZI http://en.wikipedia.org/wiki/NAZI itu apa!

Shinwakaijin http://incolor.inebraska.com/stuart/riders/govdark.htm, lawan dari Kamen Rider X itu diambil dari character-character mitos Yunani kuno, ex : Neptune, Pannic, Hercules, Medusa, Cyclops, Minotaur, Icarus, Atlas, Mach Achilles, Prometheus, Hydra, Chimera, Ulysses, Chronos, Cerberus, Alseides, Cadeus.

Sedangkan yang Akuninkaijin diambil dari nama-nama tokoh dunia baik tokoh aseli maupun fiktif : Ogle-Dagger, Salamander-Gong, Genghis Khan-Condor, Toad-Goemon, Scorpion-Geronimo, Horned Beetle-Lupin, Franken Bat, Starfish-Hitler, Spider-Napoleon, Chameleon-Phantom, Leech Dracula, Lizard Viking, Tiger Nero, Scorpion-Geronimo Jr, Centipede Youkihi.

Kalau memang Tokusatsu == anak-anak, BERARTI anak-anak yang suka Tokusatsu lebih pintar daripada orang dewasa. Karena aku yakin orang dewasa di Indonesia malah pada gaktau and gak pernah denger siapa itu God of Fire Prometheus http://en.wikipedia.org/wiki/Prometheus, Warrior Mach Achilles http://en.wikipedia.org/wiki/Achilles, Chronos http://en.wikipedia.org/wiki/Chronos, atau Warchief Geronimo http://en.wikipedia.org/wiki/Geronimo, Thief Lupin http://en.wikipedia.org/wiki/Lupin, Hitler the Dictator http://en.wikipedia.org/wiki/Hitler, Kaisar Nero http://en.wikipedia.org/wiki/Nero, etc. yang menjadi basis design musuh Kamen Rider X.

Monster-monster Gorgom, lawan dari Kamen Rider Black, itu adalah mutant http://en.wikipedia.org/wiki/Mutant yang telah dibuat secara genetika untuk mempunyai alternative form hewan dengan panjang umur bisa mencapai 5.500 tahun http://en.wikipedia.org/wiki/Gorgom#Gorgom_Mutants. Mutant sendiri adalah organisme yang telah mengalami mutasi genetika, walaupun kalau didalam ilmu science sebenarnya, mutasi genetika hanya bisa terjadi dalam ruang lingkup sel, bukan satu organisme penuh http://en.wikipedia.org/wiki/Mutation. Basis penggunaan mutant dan technology mutasi tentu saja bukan sesuatu yang ditujukan hanya untuk anak-anak atau dimengerti oleh anak-anak.

Lawan dari Kamen Rider Agito, para Unknowns http://en.wikipedia.org/wiki/Kamen_R...gito#The_Lords, mempunyai nama ilmiah yang NAMA GENUS-nya benar-benar diambil dari nama ilmiah hewan-hewan yang ada. Mulai dari : Jaguar Lord (Pantheras Luteus - Pantheras Albus - Pantheras Tristis - Pantheras Rubeo - Pantheras Cyaneus - Pantheras Magistra), Tortoise Lord (Testudo Oceanus - Testudo Terrestris), Zebra Lord (Equus Noctis - Equus Dies), dan seterusna. Sedangkan untuk nama El Lord-na sendiri, El (Ēl Hebrew: אל) diambil dari Bahasa Yahudi kuno yang berarti Dewa atau Tuhan http://en.wikipedia.org/wiki/El_(god).

Jangankan tau tentang El... Coba tanya ma orang-orang yang bilang Tokusatsu = anak-anak, nama ilmiah untuk genus zebra atau kura-kura apa? I bet they don't know and can't answer...

ANOTHER SAMPLES :

Orphenoch http://en.wikipedia.org/wiki/Orphenoch, species yang menjadi lawan Kamen Rider Faiz, adalah evolusi lebih lanjut dari manusia atau Homo sapiens. Mereka dapat melakukan evolusi dengan sangat cepat dari bentuk manusia ke bentuk Orphenoch. Tetapi karena tubuh manusia tidak kuat mengalami rapid evolution berkali-kali (evolusi cepat, evolusi standar biasanya berjalan sangat lambat yang membutuhkan waktu berjuta-juta tahun), maka bisa dibilang kalau Orphenoch adalah evolusi manusia yang gagal. Tubuh mereka suatu saat akan hancur menjadi abu karena rapid evolution ini. Untuk mengatasi hal ini, maka lahirlah Arch Orphenoch. Evolusi sendiri didalam biology adalah perubahan gen keturunan dari suatu populasi dari satu generasi ke generasi berikutna http://en.wikipedia.org/wiki/Evolution. Walaupun mustahil evolusi bisa terjadi dalam waktu singkat, tetapi pemakaian elemen evolusi didalam suatu film bukan suatu hal yang sederhana.

Hey, aku berani taruhan, orang-orang yang mengaku dewasa dan tidak suka Tokusatsu diluar sana, tidak semuanya bisa menjawab ketika kita tanya : Apa itu evolusi? Padahal hal tersebut menjadi basis adanya Orphenoch di Kamen Rider Faiz.

INI YANG PALING KUSUKA!!

Sample lainnya lagi, lawan dari Kamen Rider Kabuto adalah adalah species luar angkasa yang disebut dengan Worms (http://en.wikipedia.org/wiki..._Rider_Kabuto) yang mempunyai bentuk seperti serangga.

Nama-nama dari Worms sendiri juga diambil dari klasifikasi aseli genus serangga, seperti Ucaworm (Rena Mamiya) = Uca = nama genus dari Fiddler Crab (http://en.wikipedia.org/wiki/Fiddler_Crab), Aracneaworm Rubor (yang muncul di episode 1) == Arachne == nama class dari Laba-laba (http://en.wikipedia.org/wiki/Arachnid), Coleopteraworm Aeneus (episode 9) == Coleoptera == nama ordo dari Kumbang (http://en.wikipedia.org/wiki/Coleoptera), Culexworm (Ichiro Ikesu) == Culex == nama genus dari nyamuk (http://en.wikipedia.org/wiki/Culex), dan yang laennya.

Coba tanya orang-orang disekitar kita, nama ilmiah genus dari nyamuk itu apa? Kalau mereka tidak tahu, berarti yang suka dengan Kamen Rider Kabuto malah lebih pinter dari mereka...

Ketika Kabuto melakukan Clock Up, maka dia bisa bergerak mendekati kecepatan cahaya, sehingga benda-benda yang ada disekitarnya menjadi kelihatan bergerak sangat lamban dan bahkan kelihatan tidak bergerak. Itu bersesuaian dengan hukum fisika dimana kalau kita bergerak dengan sangat cepat sehingga mendekati kecepatan cahaya, maka keadaan sekeliling kita akan kelihatan lebih lambat.

Dan, apa yang terjadi kalau suatu benda atau orang bisa bergerak LEBIH CEPAT daripada kecepatan cahaya? Coba lihat rumus relativitas Einstein (http://en.wikipedia.org/wiki/Theory_of_relativity). Didalam hukum fisika, Einstein memang mengatakan, untuk saat ini tidak mungkin ada yang bisa bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya, tetapi dengan menggunakan rumus relativitas Einstein, jika memang ada yang bisa bergerak LEBIH CEPAT daripada kecepatan cahaya, maka orang atau benda tersebut AKAN BISA KEMBALI KE MASA LALU karena salahsatu syarat untuk bisa kembali ke masalalu adalah bergerak lebih cepat daripada kecepatan cahaya (http://en.wikipedia.org/wiki/Time_tr...ast_in_physics).

Kembali ke masa lalu? Yah, hal ini yang menjadi basis cerita bagaimana Kabuto Hyper Form bisa melakukan perjalanan melintasi waktu kembali ke masa lalu. Dengan Hyper Zecter-nya, Kabuto Hyper Form bisa melakukan Hyper Clock Up, yang membuat dia bisa bergerak lebih cepat daripada (kecepatan) cahaya, dan dengan kecepatannya itu, berdasarkan rumus relativitas Einstein, MAKA DIA BISA KEMBALI KE MASA LALU (http://en.wikipedia.org/wiki/Time_tr...ast_in_physics). Ini semua berdasarkan TEORI ILMIAH aseli yang ENGGAK semua orang tau tentang hal ini...

Dan AKU JAMIN orang-orang yang bilang Tokusatsu HANYA untuk anak kecil TIDAK TAHU DAN MUNGKIN TIDAK PERNAH memikirkan hal-hal seperti ini... Malah kemungkinan besar mereka TIDAK TAHU apa itu rumus relativitas Einstein...


SOME CONTAINS VIOLENCES AND NUDITY

Salahsatu Tokusatsu, Garo (http://en.wikipedia.org/wiki/GARO), bahkan di Jepang diputar jam 12 tengah malam karena ratingnya untuk dewasa dan banyak darah serta unsur kekerasannya.

Belum lagi untuk cerita Kamen Rider the First (http://en.wikipedia.org/wiki/Kamen_Rider_the_First) yang lebih rumit dengan operasi implant Takeshi Hongo menjadi The First.

Sedang di Kamen Rider the Next (http://en.wikipedia.org/wiki/Kamen_Rider_the_Next), dibuat cyborg SHOCKER versi terbaru yang tidak dibuat dengan operasi implant cyber, tetapi dengan injeksi nano-robotics. Dengan menggunakan nano-technology, SHOCKER membuat cyborg versi baru yang jauh lebih kuat daripada versi yang lama. Nano-robotics atau nano-bots sendiri adalah technology untuk membuat mesin atau robot dengan ukuran hampir atau mendekati skala nanometer = 10 pangkat -9 meter (biasanya hampir berbentuk seperti cairan bila jumlahnya banyak, see (http://en.wikipedia.org/wiki/Nanotechnology) and (http://en.wikipedia.org/wiki/Nanorobotics).

Salahsatu ilmuwan SHOCKER, Scissors Jaguar, ingin menyebar nano-robotics keseluruh Jepang dengan tujuan meng-infeksi penduduk Jepang menggunakan nano-robotics. Kemungkinan yang tidak bisa bertahan hidup akan mati, sedangkan yang bisa bertahan hidup akan menjadi cyborg SHOCKER. Kalau hal ini benar-benar terjadi, maka ini bisa disebut sebagai salahsatu kehancuran dunia. And did u know, kalau basis cerita kehancuran dunia karena nano-robotics adalah salahsatu teori kehancuran dunia yang mungkin bisa terjadi? Teori ini disebut dengan grey-goo. Grey-goo adalah sebuah hipotesis tentang skenario akhir dari dunia melibatkan molecular nanotechnology yang diluar control menggandakan dirinya sendiri dan memakan semua yang hidup di Bumi selagi mereka menggandakan diri (a scenario known as ecophagy). Dimana nano-bots akan melakukan duplikasi dirinya sendiri menjadi jumlah yang tidak terhingga, memenuhi seluruh bumi, dan menghancurkan semua yang ada (http://en.wikipedia.org/wiki/Grey_goo).

Bahkan adegan violences dan nudity didalam Kamen Rider The Next sebenarnya sudah mengindikasikan bahwa film ini BUKAN untuk anak-anak.

Contoh-contoh yang aku ambil kebanyakan dari genre Kamen Rider karena memang genre ini yang aku ikuti dari awal sampai akhir...

OVERALL

Semua sample diatas BUKAN CUMAN UNSUR KETIDAK-SENGAJAAN saja persamaannya dengan teori ilmiah asli. Bukan tidak sengaja ceritanya sama dengan teori ilmiah, tetapi memang dibuat berdasarkan teori ilmiah dan pengetahuan. Background story Tokusatsu, terutama genre Kamen Rider yang aku sebutkan diatas, sudah dipikirkan dengan matang oleh para professional story-writer Ishinomori Pro/Toei. Para story writer Toei sudah melakukan riset dan mempelajari teori-teori ilmiah untuk dimasukkan kedalam film mereka sehingga genre film mereka bisa menjadi salahsatu genre favorit di Jepang. Hampir semua background stories berdasarkan sciences dan ilmu pengetahuan ilmiah yang rumit...

Soo... tidak semua Tokusatsu itu untuk anak-anak, jadi TIDAK SEMUA YANG SUKA DENGAN TOKUSATSU ITU BISA DIANGGAP KEKANAK-KANAKAN.

0 comments:

Post a Comment